Tips Memilih Alamat Blog Atau Nama Domain


Tutorial Belajar BlogTips Memilih Alamat Blog Atau Nama Domain, Salam blogger, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai tips dan trik memilih domain. Alamat atau domain dalam sebuah blog itu ibarat nomor handphone, jika kita tidak tidak tahu Nomornya maka apa daya kita tidak akan bisa menghubungi orang tersebut. Begitu halnya dengan alamat blog, jika alamat blog kita itu asing di telinga orang-orang atau bahkan susah untuk diingat maka jangan harap ada orang yang akan mengunjungi blog kita, itu sedikit gambaran betapa pentingnya suatu Domain.

Apakah sobat masih pusing memilih alamat blog atau nama domain buat blog sobat? Oke gak perlu bingung, sobat tinggal baca artikel dibawah ini dan saya jamin sobat langsung dapat gambaran gimana alamat blog yang baik.

Inilah Beberapa Tips yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih suatu Domain:

1. Harus Menggambarkan Blog Anda
Besar kemungkinan bahwa banyak orang akan melihat Alamat ke blog Anda sebelum memiliki keputusan untuk benar-benar membacanya (di search engine melalui proses pencarian, misalnya). Coba tebak, jika hanya dengan melihat nama alamat blog Anda, dan mereka dapat langsung mengetahui apa tema blog Anda, maka mereka akan lebih cenderung untuk mengunjunginya kembali blog Anda.

2. Harus Mudah Diingat
Misalkan blog anda berbicara tentang olah raga, futsal, dan sepak bola secara umum. Penamaan itu "Blog Olah raga, Seluk beluk Futsal dan Dunia Sepak Bola" akan menawarkan dengan uraian yang lengkap dari blog Anda, dan Anda akan mendapatkan cakupan alamat blog yang lebih fokus lagi. Tentu juga mudah yang diingat. Misalnya Kita pilih dengan nama sederhana, yaitu duniabola. Sekali lagi ini hanya suatu gambaran yang dibuat untuk mempermudah Anda.

3. Harus Sama Dengan Nama Domain
Ini adalah suatu prospek kedepan dalam jangka yang panjang. Jika suatu saat Anda memutuskan ingin lebih serius terjun ke dunia blog, suatu saat pasti Anda akan memutuskan membeli suatu domain yang mewakili Brand dari blog Anda. Ini bukan lah hal yang tidak mungkin. Aturan ini sering diabaikan oleh orang, mungkin karena menemukan domain yang cocok yang belum terdaftar adalah tugas yang sulit. Namun jika nama domain Anda tidak cocok dengan nama blog Anda sekarang nanti nya, mungkin akan kehilangan beberapa pembaca sepanjang beriringnya waktu. Walaupun memang secara teori dan praktik, alamat blog lama Anda akan tetap di redirect ke alamat domain baru Anda nantinya. Tetapi akan menjadi suatu nilai tambah, ketika para pengunjung setia Anda melihat alamat blog Anda telah berganti menjadi Domain Anda yang baru. Contoh: tutorialbelajarblogger.blogspot.com menjadi tutorialbelajarblogger com. Jangan sampai ketika orang mengunjungi blog Anda dengan cara pintas melalui cara menghilangkan .blogspot.com Anda dan menggantinya menjadi .com, mereka tidak menemukan blog Anda setelah mereka tekan enter. Mereka hanya akan pergi ke alamat lain.

4. Kesesuaian Dengan Sosial Media
Saya sarankan alamat blog Anda sama dengan username Anda pada situs-situs Sosial Media yang Anda ikuti. Sebagai contoh, Jika alamat blog Anda dan Username Twitter Anda Sama, hal ini bermanfaat untuk memiliki kekuatan dan pengaruh pada optimasi mesin pencari (SEO), yang berarti seberapa dekat ke bagian atas daftar hasil pencarian Anda muncul di mesin pencari seperti Yahoo! atau Google. Jika Anda pebisnis, pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci berharga sebagai nama Twitter Anda dan alamat blog Anda.

5. Kesesuaian Nama
Sebuah nama pengguna yang baik adalah sama, atau mirip dengan, atau menggunakan nama Anda sendiri. Untuk kasus ini, terjadi ketika kita inggin membuat blog dengan menggunakan identitas nama kita sendiri. Jika sudah ada pengguna telah mengklaim nama kita, cobalah menambahkan kata sifat atau keterangan, seperti blog atau blogs atau jika perlu masukan nama kita secara lengkap tetapi, jika cara ini masih gagal, atau alamat blog sudah terpakai, bisa dicoba menggunakan nama terakhir Anda sebagai alamat blog Anda. Dengan cara ini, pengunjung secara tidak langsung beranggapan bahwa Anda merupakan orang yang terbuka dan gemar berbagi. Kita juga mendapatkan keuntungan dan nilai jual dari nama kita. Tetapi, Jika Anda lebih memilih untuk orang-orang tidak tahu siapa Anda, Cara ini lebih baik diabaikan saja. Atau Anda dapat memilih nama lain yang sedikit lebih generik, atau lebih umum.

6. Etika Dunia Maya dan Dunia Nyata
Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan nama panggilan, alias, bukan nama Anda yang sebenarnya, bukan perusahaan Anda atau nama produk, pastikan untuk memilih alamat blog yang ramah dan mudah diakses. Di dunia blog, tentu saja Anda ingin orang untuk merespon anda, tidak membuat pengunjung terusik oleh alamat blog Anda yang agak bersifat cabul atau dipertanyakan. Dan jika Anda menggunakan alamat blog Anda tersebut didunia nyata, misalkan pernyataan tertulis di kartu nama Anda atau dalam ucapan, tentu saja Anda tidak Akan dibuat malu nantinya.

7. Eksentrik, Sensasi dan Ajang Show Off
Jika anda bertujuan membuat blog adalah ajang mencari sensasi, LUPAKAN semua hal di atas. Pilih lah alamat blog yang bersifat eksentrik, sensasional, bahan ekstrim sesuai tujuan Anda. Tentu saja hal ini lebih cepat mendongkrak popularitas blog Anda. Tentu saja konsekuensi ditanggung Anda.

Nah itulah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih alamat atau domain blog, karena domain adalah sektor vital bagi sebuah blog, semoga bermanfaat...

sumber : Berbagai blog dari mbah google

4   komentar

keren keren bro postingnya
Reply Delete
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Delete
Penjelasannya bagus dan detail menyertakan berbagai sumber yang terpercaya

Info untuk menghasilkan uang (memonetize) dari blog, website dan bisnis online bisa belajar dengan mengklik link di bawah ini

http://www.asianbrain.com/letter.html/903484
Reply Delete

Posting Komentar

Cancel Reply