Sejarah Desa Rejomulyo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan

Pada awal tahun 1949 desa kami (Rejomulyo) mulai berdiri.Desa rejomulyo dibangun oleh seorang pejuang yang tidak akan kami lupakan jasa-jasanya,yaitu bernama KI RASMAN dan NY. JAENELARVE RASMINI . ketika KI.RASMAN masih perjaka beliau menikah dengan NY.JAENELARVE RASMINI yang sudah mempunyai dua anak . 
NY.JAENELARVE RASMINI  adalah keturunan Belanda dan KI.RASMAN asli Indonesia GOMBONG (jawa tengah).Sebelum beliau membangun  desa tersebut beliau telah tinggal di  Trikora tidak jauh dari desa Rejomulyo.Desa rejomulyo dan trikora terpisah oleh hamparan kebun karet (Rotherdam).Yang dibangun oleh belanda.
Rakyat rejomulyo berasal dari trikora yang dulu hanya terdapat 49 keluarga saja. Kata rejomulyo sendiri terdapat dari KI.RASMAN. Bermula dari kata "Rejo" yang artinya hasil Sedangkan "mulyo" adalah mulia. Jadi, rejomulyo diartikan sebagai hasil yang mulia. 
Pada tahun 1952 KI.RASMAN diangkat sebagai lurah dan KI.KARTIMAN  di angkat sebagai carik. Beliau telah menjalankan tugasnya dengan baik . Setelah di bangunnya desa rejomulyo dan sampai beberapa tahun kemudian KI.RASMAN telah wafat dengan di dahului oleh istrinya NY.JAENELARVE RASMINI . Makam beliau di semayamkan di tempat yang sama dan ditempatkan di desa rejomulyo yang mereka dirikan .
 Banyak nama jalan dan sekolah dinamai oleh nama KI.RASMAN,jasa-jasa mereka akan kita kenang untuk selama-lamanya.Satuhal yang akan selau kami ingat dan menjadi inspirasi bagi kami adalah kegigihan dan semangat juang mereka dalam meraih sebuah cita-cita besar.Jangan pernah mengeluh jika melakukan  sesuatu hal,sebelum sampai pada tujuan yang kita inginkan.    
 
Postingan ini merupakan cerita dari sesepuh /orang tua yang pernah bersama mbah rasman sendiri,yang dikumpulkan oleh siswa siswi SMK Rasman Mulya sebagai tugas.

1   komentar

Reply Delete

Posting Komentar

Cancel Reply